Monday, October 25, 2021

HYDROCYCLONE FILTRATION SEPARATOR

 

HYDROCYCLONE SEPARATOR


 

Pada dasarnya hydrocyclone  merupakan gabungan dari dua kata yaitu hydro dan cyclone. Hydro dapat diartikan air ataupun cairan, sedangkan cyclone dapat diartikan sebagai pusaran. Sehingga hydrocyclone diartikan sebagai pusaran air. Dalam penggunaanya secara nyata hydrocyclone dapat diartikan sebagai suatu alat yang dapat memisahkan material ataupun partikel dari suatu komposisi campuran baik berbentuk padatan dengan cairan ataupun cairan dengan cairan.

Prinsip kerja dari hydrocyclone adalah terdapatnya kumpulan partikel dan air yang masuk dalam arah tangensial ke dalam siklon pada bagian puncaknya. Kumpulan air dan partikel ditekan ke bawah secara spiral primary vortex karena bentuk dari siklon. Gaya sentrifugal menyebabkan partikel terlempar ke arah luar, membentur dinding dan kemudian bergerak turun ke dasar hydrocyclone. Dekat dengan bagian dasar hydrocyclone, air bergerak membalik dan bergerak ke atas dalam bentuk spiral yang lebih kecil secondary vortex partikel yang lebih ringan bergerak keluar dari bagian puncak hydrocyclone sedangkan partikel yang berat keluar dari dasar hydrocyclone  Ada beberapa alasan mengapa hydrocyclone dipakai sebagai alat pemisah, yaitu: 

 

1. Biaya operaional yang relatif murah

2. Prosesnya dapat dilakukan pada satu tempat

3. Desain ataupun modelnya sederhana, berupa kombinasi konstruksi silinder dan kerucut

4. Tidak memiliki bagian yang bergerak

 5. Minim biaya perawatan

Mesin Flitrasi Hydrocyclone Adalah sistem filtrasi dengan menggunakan gaya centrifugal  oleh karena itu hydrocyclone tidak memerlukan media kertas atau paper filter sebagai penyaringnya

 

Share:

OUR BRAND

Search